CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Wednesday 3 July 2013

MANFAAT INSTRUMEN MUSIK


Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa lepas dari alunan musik tiap harinya, sebaiknya baca manfaat lain dari musik, yang dirangkum dari She Knows berikut ini.
1.  Meningkatkan Stamina Saat Olahraga
Musik bisa pengaruhi mood Anda, khususnya saat sedang berolahraga. Jika Anda memainkan musik dengan tempo lambat, secara otomatis juga akan mempengaruhi stamina, tempo dan kecepatan Anda saat berolahraga. Untuk itu, pilihlah lagu dengan tempo yang agak cepat dan bersemangat sehingga kalori pun semakin banyak terbakar karena tubuh akan otomatis bergerak lebih cepat.

2.    Musik Bantu Kurangi Stres
Sedang cemas atau takut? Musik bisa bantu Anda menghilangkan stres dan kecemasan, menurut data dari Asosiasi Terapi Musik di Amerika. Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Yale menemukan, pasien yang mendengarkan musik favorit mereka selama 30 menit sebelum melakukan prosedur operasi, tingkat stresnya berkurang dan lebih santai. Untuk itu, dengarkan sedikit musik favorit sebelum menghadapi momen-momen menegangkan dalam hidup Anda.
3.  Meningkatkan Kinerja
Sebuah jurnal dunia kerja yang dikutip dari She Knows menunjukkan, pegawai yang masih muda memiliki konsentrasi yang lebih baik jika mereka mendengarkan musik tanpa lirik. Musik instrumental akan bantu Anda fokus melakukan pekerjaan di kantor. Namun beberapa lagu yang sangat emosional bagi Anda, baik yang sangat atau bahkan tidak Anda sukai, justru akan menghilangkan fokus kerja Anda.
4.  Turunkan Volume
Walaupun musik memiliki banyak potensi untuk mempengaruhi mood, namun menyalakannya dengan volume yang sangat kencang bukanlah ide yang baik. Bisa-bisa Anda malah terkena gangguan pendengaran, seperti dalam studi yang dilakukan National Institute on Deafness and Other Communication Disorders. Disebutkan, suara keras sampai 85 desibel bisa menyebabkan kerusakan pendengaran permanen. Jika Anda biasa menghidupkan iPod sampai volume maksimal, Anda berisiko meledakkan gendang telinga Anda dengan lebih dari 100 desibel. Untuk itu, jika teman sebelah dapat mendengar lagu yang didengarkan dari earphone, sebaiknya mulai kecilkan volumenya.
Beberapa manfaat mendengarkan instrumen musik untuk mendapatkan pikiran, badan dan mental yang lebih sehat.
Selain fakta bahwa mendengarkan musik instrumental seperti flute, piano, guitar, biola dan instrumen-instrumen lain itu sangatlah menyenangkan dan menenangkan, para praktisi telah menemukan bahwa kegiatan ini akan memberikan dampak positif besar terhadap pikiran, badan dan mental seseorang. Belakangan ini, semakin banyak hasil riset mengenai efek dari lagu-lagu instrumental terhadap kesehatan dan kesegaran fisik seseorang. “Semakin banyak sekarang ini, dokter-dokter di dunia menggunakan musik sebagai bagian dari alat pengobatan mulai dari proses penyembuhan kepada pasien-pasien mereka sampai ke tingkat untuk membantu mereka tetap bisa fit dan bugar” kata Victoria Abreo, seorang spesialis pengobatan alternative pada BellaOnline. “Untuk pasien yang menghadapi masalah dengan jantung, mereka akan mendapatkan manfaat yang sama dari mendengar musik klasik selama 30 menit dibandingkan dengan menelan 10mg obat penenang Valium. Musik dan terapi relaksasi telah banyak digunakan secara bersamaan untuk menurunkan detak jantung dan menormalkan tekanan darah pada banyak pasien yang terkena serangan jantung. Penderita migraine (sakit kepala sebelah) juga telah banyak yang dilatih dengan menggunakan musik, pemberian bantuan visual dan tekhnik-tekhnik relaksasi untuk membantu menurunkan frekuensi, intensitas dan durasi penderitaan sakit kepala mereka.
Pada James Medical Center pada Ohio State University, para ahli bedah sekarang ini banyak yang menggunakan musik instrumental untuk memberikan efek relaksasi kepada pasien selama proses pembedahan maupun setelah proses pembedahan tersebut. Pada situsnya, James Medical Center disana dicantumkan bahwa hasil riset maupun testimoni dari para pasien memberikan jawaban yang jelas akan dampat positif yang besar dari penyembuhan melalui musik. “Musik telah terbukti menciptakan sistem daya tahan tubuh yang lebih kuat” demikian penjelasan yang diberikan oleh James Medical Center. "Sistem kekebalan tubuh membantu menyembuhkan luka-luka." Medical Center ini juga memberikan daftar kegunaan yang dapat diperoleh dari terapi mendengarkan musik yakni termasuk mengurangi rasa sakit, menurunkan perasaan ingin muntah atau mual, dan menaikkan syaraf kontrol dan tingkat kesadaran pasien.
Disamping keuntungan-keuntungan fisik yang dapat diperoleh, hasil riset telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik instrumental juga memberikan dampak positif pada pikiran dan bawah sadar kita. “Murid-murid yang mendengarkan Mozart selama 10 menit sebelum mengambil ujian SAT – Scholastic Aptitude Tests, secara menyeluruh mendapatkan nilai yang lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak terekspos dengan musik tersebut sebelum ujian. Orang-orang yang mendengarkan musik klasik yang ringan selama 90 menit selama melakukan proses editing suatu naskah akan menaikkan tingkat akurasinya sekitar 21 persen." demikian menurut Abreo. Mendengarkan musik instrumental sangat direkomendasikan pada orang-orang pada berbagai kalangan umur – bahkan murid-murid sekolah telah dilaporkan mendapatkan keuntungan yang besar dari mendengar music karena hal ini meningkatkan stimulasi otak mereka, meningkatkan keahlian daya nalar abstrak (abstract reasoning skills) dan pengembangan kognitif (cognitive development).
Tentu saja, Anda dapat mendengarkan berbagai tipe intrumen musik yang ada sesuai dengan keinginan Anda apakah ingin meningkatkan kesehatan fisik, mental atau emosional Anda. Misalnya, untuk memberikan stimulasi pada pikiran, Anda dapat memilih komposisi yang memberikan semangat – musik yang agak cepat dengan tingkat nada yang agak tinggi. Sebagai contoh, misalnya konserto Biola Mozarts (Mozarts’ Violin concertos). Untuk membangun mood (perasaan) Anda, Anda dapat mendengar selandung instrumen musik gitar blues, musik yang dapat mengakses emosi Anda, dan menggelorakan imajinasi Anda, Anda dapat mempengaruhi pikiran bawah sadar Anda dengan cara member stimulasi pada tubuh Anda melalui intrumen musik yang bersemangat yang didesain untuk menggairahkan otak kreatif kita, otak kanan. Contoh yang sempurna untuk ini adalah mendengarkan karya-karya pemain saxophone bernuansa jazz, John Coltrane.
“Musik telah lama menjadi penyembuh yang luar biasa”, jelas Abreo dari BellaOnline."Bahkan di dalam kitab suci, kita telah pelajari bahwa David memainkan harpa untuk mengurangi depresi berat yang diderita Raja Saul (King Saul). Yang lebih penting lagi, musik adalah suatu terapi yang sangat berhasil karena hampir semua orang memberikan respon yang positif pada paling sedikit satu jenis musik. “Dengarkanlah musik instrumental hari ini dan dapatkanlah keuntungannya dari pengalaman Anda tersebut.
Musik Intrumental sekarang ini seperti, piano, gitar, flute, biola dan instrument lain dapat banyak ditemukan di toko-toko atau di situs internet. EZ-tracks.com juga memberikan sebagian musik instrumental dengan gratis. Bila ini adalah waktunya untuk relax dan rejuvenasi, ada juga cara yang baik untuk menyegarkan tubuh yaitu melalui karaoke. Ini adalah obat-obat penawar mujarab yang dapat menyembuhkan Anda.

0 komentar:

Post a Comment

COMMENT PLEASE.............